Wednesday, October 2, 2013

Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet

Share it Please
Seperti yang kita ketahui bahwa Internet kini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.  Baik anda seorang pelajar, mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga, atau apapun profesi anda saya rasa sekarang kita butuh yang namanya Internet.
Maka karena sebab itu, dewasa ini banyak sekali provider-provider internet bermunculan guna memenuhi kebutuhan akan internet di Indonesia yang semakin hari semakin bertambah.
Mereka para provider pun saling bersaing untuk mendapatkan konsumen dengan berbagai macam jenis promosi. Ada yang menawarkan paket internet hemat, cepat dan semacamnya.
Mungkin anda pernah mendengar iklan yang menawrkan modem-modem baik itu yang berkecepatan 3Mbps, 7Mbps bahkan  ada yang sampai 14 Mbps dan tentunya itu terdengar sangat menarik. Tapi masalahnya adalah apakah benar speed yang diberikan sebesar itu ?
Oleh karena itu, ada baiknya jika anda tahu tentang cara mengukur kecepatan internet anda. Dengan begitu anda bisa membuktikan kecepatan internet yang diberikan oleh provider anda.

Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet

Untuk melakukannya kita memerlukan bantuan tool dari sebuah website yang bernama speedtest.
  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuka speedtest.net dari browser anda
  • Silakan tunggu sampai loading halaman selesai lalu klik BEGIN TEST
Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet
  • Setelah anda mengklik tombol tersebut maka secara otomatis speedtest akan melakukan pengukuran kecepatan koneksi internet dari provider anda. Harap tunggu prosesnya dan nanti akan muncul hasil test berupa PING, DOWNLOAD SPEED dan UPLOAD SPEED seperti gambar di bawah ini 
Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet
Berdasarkan hasil test speedtest pada provider saya, didapatkan hasil berupa PING = 26, DOWNLOAD SPEED = 2.29 Mbps, UPLOAD SPEED = 0.21 Mbps.
Ping 26 itu menurut saya bagus karena biasanya ping normal berkisar diantara 1-100. Sedangkan untuk download, kecepatan seperti diatas juga cukup normal. Hanya saja kecepatan upload yang menurut saya sedikit kurang.
Perlu juga anda ketahui bahwa kecepatan download dan upload berada pada satuan Mbps dan itu artinya bukan Mega Byte per second, melainkan Mega Bit per second sedangkan 1 Byte itu adalah 8 bit.
Jadi jika kecepatannya 2.26 Mbps, maka ketika mendownload mungkin kecepatannya hanya berkisar diantara 250-300 Kilo Byte Per Second.
Semoga bermanfaat:)

No comments:

Post a Comment